0857 3663 9219 | Bibit Kopi Robusta

Jual Bibit Kopi Robusta,Harga Bibit Kopi Robusta, Bibit Kopi Robusta Unggul, Bibit Kopi Arabika terbaik, Jual Bibit Kopi,Jual Bibit Kopi Arabika

0857 3663 9219 | Bibit Kopi Robusta

Bibit Kopi Robusta


Bibit kopi Robusta, Bibit kopi robusta unggul

Bibit Kopi Robusta – Bicara Bibit Kopi Robusta Unggul tentu akan sangat panjang. Kopi jenis ini memang tidak bisa dipungkiri sebagai salah satu jenis kopi dengan konsumsi terbesar. Ciri khas dari kopi robusta adalah memiliki tekstur kopi yang kasar dengan warna lebih beragam dan memiliki cita rasa yang sangat kuat. Dan harga bibit kopi unggul pun bervariasi di pasaran.

Kopi akan selalu menjadi topik bahasan yang sangat menarik apalagi bagi para pencinta kopi. Kopi adalah sajian yang sangat unik tidak jarang dijadikan sebagai sajian pembuka hari. Menimati kopi di pagi hari bukan hanya sebagai kewajiban bagi sebagian orang tertentu, tapi juga bisa menjadikan pikiran lebih segar dan fresh untuk memulai aktifitas di pagi hari. Menikmati kopi sebelum beraktifitas tentu tidak lepas dari KOPI ROBUSTA.
Kopi Robusta, Bibit kopi Robusta, Bibit kopi robusta unggul

Pertanyaan kenapa harus KOPI ROBUSTA?

Dilihat dari kenampakan secara fisiknya biji kopi robusta ini cenderung berbentuk lebih bulat dari kopi Arabika dengan tekstur lebih kasar. Dari segi aroma yang dihasilkan aroma robustanya tidak terlalu kuat saperti kopi arabika. Cita rasa pahit yang di bawa oleh kopi robusta selaras dengan kekentalan kopi yang sedang dan cenderung berat. Yang lebih mantap lagi kandungan kafein dari biji kopi robusta dua kali lebih banyak dari kopi pesaingnya arabika, yaitu antara 1,7-4%. Maka tidak heran jika Kopi Robusta ini lebih cocok untuk mengawali hari terutama para kaum laki laki.

Ternyata nama kopi robusta juga bukan sebuah nama tanpa arti atau sebuah kebetulan semata, kata ROBUST dari robusta bermakna KUAT. Hal ini tentunya sangat cocok dengan sifat dan karateristik dari biji kopi ini. Yang mempunyai tekstur kasar dan tingkat kekentalan yang sangat kuat. 

Nah sesuai dengan namanya maka sangat pas jika dijadikan teman di pagi hari. Mengkonsumsi kopi secara rutin dan bijak ternyata juga bisa membantu mencegah depresi, meningkatkan kinerja dan performa, meningkatkan memori otak. Dan bisa membantu mencegah beberapa jenis penyakit lainnya...

Lahan tanam Bibit Kopi Robusta

Seperti yang sudah ada di artikel artikel sebelumnya BIBIT KOPI ROBUSTA bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di dataran rendah. Ketinggian lahan yang paling optimal adalah antara 400-750 mdpl. Dengan kondisi suhu pertumbuhan tanaman bibit kopi robusta ini berkisar antara 24-30 derajat Celsius dengan curah hujan sedang antara 2000-3000 mm per tahun. 

Daerah tropis yang sedikit basah seperti Indonesia adalah lahan yang sangat cocok untuk pertumbuhan bibit kopi jenis robusta. Salah satu syarat pertumbuhan untuk menghasilkan buah kopi yang bagus, bibit kopi robusta juga memerlukan waktu kering selama 3-4 bulan saja dalam satu tahun. Untuk bisa mendapatkan kondisi tersebut maka di perlukan pohon pelindung agar tetap bisa menjaga kelembaban air dalam tanah juga unsur hara dalam tanah. 
Bibit kopi Robusta, Bibit kopi robusta unggul, Pohon pelindung kopi robusta

Perlunya pohon pelindung bibit kopi robusta

Selain sebagai pohon pelindung juga bisa digunakan untuk mempertahankan kondisi tanah selalu kaya akan unsur hara (organik) yang dihasilkan dari daun pohon pelindungnya. Tingkat keasaman (pH) tanah yang di perlukan bibit kopi robusta adalah 5,5-6,5.

Dilihat secara fisik tanaman kopi robusta memliki batang dan cabang reproduksi yang berbetuk cenderung lebih tegak lurus. Buah kopi biasanya  dihasilkan dari cabang utama yang tumbuh mendatar. Karena sifatnya yang agak lentur maka cabang ini akan membentuk tajuk seperti layaknya sebuah payung. Selain itu perhatikan juga jarak tanam kopi robusta atau bisa disesuaikan dengan kondisi lahan.
Bibit kopi Robusta, Bibit kopi robusta unggul, Daun Kopi Robusta

Bentuk daun-daun bibit tanaman kopi robusta sedikit membulat seperti telur dengan ujung daun yang meruncing. Daun tidak hanya tumbuh pada bagian cabang tapi juga bisa tumbuh di ranting dan bahkan tidak jarang bisa tumbuh di antara batang utama tanaman kopi robusta.

Tapi kalo kita amati dengan seksama ada sedikit perbedaan pertumbuhan daun kopi robusta ini,  di bagian batang dan cabang susunan daun berselang-seling. Sedangkan pada ranting dan cabang mendatar atau cabang utama yang menghasikan buah daun tumbuh secara perpasan pasangan pada bidang yang sama.

Pembuahan bibit kopi robusta

Bibit kopi Robusta biasanya udah bisa mulai menghasilkan bunga setelah berumur 2-3 tahun dari proses penanaman bibit kopi. Bunga hanya akan tumbuh pada bagian ketiak capang primer terdapat 3-4 kelompok bunga pada setiap ketiaknya. Bunga bisa mulai di lihat di awal bulan kemarau .

Berbanding terbalik dengan kopi Arabika, bunga pada kopi robusta melakukan penyerbukan silang. Maka untuk mendapatkan hasil yang maksimal disarankan untuk menanam lebih dari satu jenis klon dalam satu area lahan. Biasanya terdiri dari 3-4 klon bibit kopi robusta dalam satu area tanam.

Lama proses pembuahan mulai dari keluarnya bunga untuk pertama hingga buah siap panen berkisar 10-11 bulan. Buah muda kopi robusta berwarna hijau setelah cukup matang atau masak perlahan akan berubah menjadi merah. Kabar baiknya buah biji kopi ini menempel sangat kuat pada tangkainya. 
Bibit kopi Robusta, Bibit kopi robusta unggul,Biji Buah Kopi robusta

Keunggulan bibit kopi robusta

Keunggulan lain tanaman ini adalah perawatan yang relatif lebih mudah. Disamping itu pohon kopi robusta lebih cenderung cepat tumbuh dan berkembang jika dibandingkan dengan bibit kopi arabika. Kecepatan menghasilkan buah juga masih lebih baik dari arabika.

Kekurangan Bibit Kopi Robusta

Salah satu kekurangan dari pohon kopi robusta ini adalah mempunyai perakaran yang dangkal atau tidak memiliki akar tunjang yang kuat untuk menopang keseluruhan tanaman. Maka tidak jarang jika kita lihat tanaman kopi robusta roboh. Hal ini juga cukup perpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman jika terjadi kekeringan. Akar yang terlalu pendek sangat sulit untuk mencari air yang dibutuhkan untuk syarat tumbuh dan kembang pohon kopi.

Tapi hal ini udah bukan masalah lagi, pembibitan kopi robusta saat ini sudah sangat jarang menggunakan langsung dari bibit biji kopi. Pembibitan dapat dilakukan secara vegetatif tepatnya dengan cara di sambung.

Kami Jual BIBIT KOPI ROBUSTA yang sudah dikembangbiakan semua dalam keadaan disambung. Tanaman sambung yang digunakan sebagai batang bawah kami menggunakan bibit kopi jenis EXCELSA. Karena tanaman ini memiliki sifat perakaran yang panjang dan kuat. Sehingga bisa menutupi kekurangan dari sifat asli tanaman kopi robusta.

Harga Bibit Kopi Robusta

Kalo dilihat dari Harga bibit kopi robusta harga jual biji kopi ini bisa dibilang lebih rendah dibandingkan dengan kopi arabika. Tapi tidak perlu kuatir setiap jenis kopi sudah memiliki pasar atau pencinta masing-masing yang siap menampung dan menikmatinya.

Untuk INFORMASI lebih lanjut tentang bibit kopi robusta Anda bisa langsung hubungi Nomer kami WA/SMS 0857 3663 9219.

Kami akan sangat senang jika bisa membantu anda dalam membudidayakan bibit kopi robusta Anda
Bibit kopi Robusta, Bibit kopi robusta unggul


Kesimpulan:

BIBIT KOPI ROBUSTA bisa tumbuh dan berkembang sangat baik di daerah dengan ketinggian 400-750 mdpl dengan suhu antra 24-30 derajat celsius.

Kebutuhan sinar matahari sepanjang hari dengan masa berbunga hanya pada bulan tertentu saja atau pada awal musim kemarau.

Tinggi pohon bisa mencapai kurang lebih 3 meter tapi juga bisa sesuikan dengan kondisi lahan dengan melakukan pemangkasan secara perkala.

Kebutuhan pupuk bisa diberikan sebulan sekali untuk pupuk daun sedangkan pupuk organik atau kandang bisa di berikan 3 bulan sekali.

Perakaran yang dangkal dan membutuhkan kondisi unsur hara tanah yang cukup maka diperlukan pohon pelindung. Pohon pelindung bisa menggunakan pohon senggon (albasia), lamtoro atau jenis pohon lainnya yang mempunyai daun tidak terlalu lebat.

Bibit kopi robusta sudah bisa mulai berbuah dan menghasilkan setelah 2-3 tahun sejak bibit di tanam.

Demikian mudah mudah bisa memberikan sedikit informati tambahan tentang bibit kopi robusta!
Labels: Bibit Kopi, Bibit kopi Robusta, Harga Bibit Kopi Robusta, Jual Bibit Kopi Robusta

Thanks for reading 0857 3663 9219 | Bibit Kopi Robusta. Please share...!

Back To Top